Bagaimana seharusnya memulai bisnis?

Sebelum terjun ke dunia bisnis baik itu bisnis secara nyata ataupun bisnis di dunia maya (internet) ada baiknya kita terlebih dahulu merencanakan dengan matang. Mengapa? Dengan adanya persiapan dan perencanaan lebih awal resiko kegagalan dapat di minimalisir. Tidak peduli itu sebuah bisnis besar ataupun hanya kecil-kecilan.
Karena bila anda terjun ke dunia bisnis, anda harus sudah siap untuk menanggung segala resiko yang terjadi juga kegagalan yang siap menerjang. Mengapa saya katakan kegagalan- tidak keuntungan terlebih dahulu? Karena setiap usaha dalam hal ini bisnis, pasti ada upah jerih payahnya dengan kata lain ada laba sebagai keuntungan.
Tentukan ide bisnis

Sepertinya hal ini mudah, tapi terkadang sulit mencari sebuah ide bisnis. Ide-ide bisnis yang sederhana dapat anda temukan disekitar tempat tinggal anda sendiri. Cobalah anda berkeliling komplek perumahan, lalu lihat apa ada yang dapat anda jadikan ide. Atau dimulailah dengan memikirkan sesuatu hal yang anda butuhkan tetapi ketika anda mencarinya tidak tersedia di sekitar anda, ataupun anda temukan dari membaca buku dan tentunya dari internet. Lalu Catat dalam sebuah buku catatan semua yang ada dalam pikiran anda dari yang sederhana hingga yang rumit. Terlihat sepele tapi hal ini akan bermanfaat karena kadang yang terlintas di pikiran hanya sesaat saja. Namanya juga terlintas.
Banyak sekali sesuatu hal yang apabila kita pandai memanfaatkan peluangnya tentu akan menghasilkan tambahan dalam hal ini uang tentunya.
Melakukan penelitian
Setelah menemukan ide bisnis anda. Lalu kepada siapa anda akan menjualnya? Market atau pangsa pasar seperti apakah yang ingin anda sentuh. Local kah? Atau internasionakah? Atau hanya sebatas untuk memenuhi kebutuhan komplek rumah kah? Uraikan dalam bentuk lebih detail, siapa yang akan membelinya? Bapak-bapak ,ibu-ibu, remaja, anak-anak,ABG atau bayi yang baru lahir dsb..pokonya anda tulis hingga sedetail mungkin. Makin spesifik makin bagus, juga disertai kelemahan dan kekurangannya. Tulis dan tulis dalam sebuah catatan…
Mengumpulkan informasi
Mulailah dengan mengumpulkan informasi untuk bisnis yang anda butuhkan, satu persatu secara detail. Bila anda akan membuka sebuah toko misalnya, barang apa saja yang anda akan jual, bagaimana dengan layout tokonya, bagaimana dengan etalase yang anda inginkan, dsb
Juga bagaimana anda mendapatkan barang yang akan anda jual tersebut, anda produksi sendiri atau langsung dari pabrik, pokoknya uraikan satu persatu. Ini akan mempermudah di kemudian hari.

Mari beraksi
Ide, penelitian serta informasi tentang bisnis anda sudah terkumpul, lalu tunggu apalagi? Realisasikan secepatnya, jangan menunggu waktu lama.
Promosikan
Agar bisnis anda dikenal oleh orang banyak, dan tentunya akan menambah jumlah pelanggan anda maka anda tentu perlu berpromosi. Banyak cara berpromosi, mungkin bias dari mulut ke mulut. Atau dengan anda memasang spanduk dan banner atau sekedar menyebar dan menempel pamphlet. Dan juga tentunya lewat layanan internet agar usaha anda lebih dikenal luas nantinya.

Semoga bermanfaat. Thanx n sukses selalu

No comments:

Post a Comment